Selasa, 12 Maret 2019

Materi New Alpro Hot

STACK
A.    Pengertian Stack
Stack adalah sebuah kumpulan data dimana data yang diletakkan di atas data yang lain. Stack menggunakan konsep LIFO. LIFO merupakan salah satu konsep yang efektif untuk menyimpan dan mengambil data, yaitu "terakhir masuk sebagai yang pertama keluar" (Last In First Out).
B.     Operasi Stack
1.           Operasi Stack Utama
a.       Operasi Push yaitu operasi menambahkan elemen pada urutan terakhir (paling atas).
b.      Operasi Pop yaitu operasi engamil sebuah elemen data pada urutan terakhir dan menghapuskan elemen tersebut dari stack.
2.      Operasi Stack Tambahan
a.       Clear digunakan untuk mengosongkan stack.
b.      IsEmpty : untuk memeriksa apakah stack kosong.
c.       IsFull : untuk memeriksa apakah satck  sudah penuh.
C.    Pendeklarasian Stack Dengan Array
Proses pendeklarasian stack adalah proses pembuatan structur stack dalam memori. Karena stack dapat direprensikan dalam  cara, maka pendeklarasian stack pun ada 2 yaitu:
a.    Top, yaitu bagian atas stack
b.    Elemen, yaitu yang berisi data yang ada dalam stack. Bagian ini yang membentuk array. Deklarasi stack dengan array.
Struct stack
{
Int element [10];//elemen int top
};
D.    Inisialisasi
Inisialisasi stack adalah proses pembuatan stack kosong. Proses inisialisasi untuk stack yang meggunkan array adalah dengan mengisi nilai field top dengan 0 (nol), jika elemen pertama diawai dengan nomor 1. Kalau elemen pertama array dimulai dengan 0 maka top diisi dengan nilai-1.
Contoh :
P->top==-1
E.     Operasi Cek kosong stack
Operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah stack dalam keadaan kosong. Operasi ini penting dilakukan dalam proses pop. Ketika suatu stack dalam keadaan kosong, maka proses pop tidak bisa dilakukan. Operasi ini dilakukan hanya dengan memeriksa field top. Jiaka top-top bernilai -1, maka berarti stack dalam keadaan empty (kosong).
Contoh :
If (p->top==-1
{
Cout<<”STACK kosong “;
Return-1;
}
F.     Operasi Cek Penuh
Operasi ini digunakan untuk memeriksa keadaan stack apakah sudah penuh atau belum. Operasi ini akan memberikan nilai true (1), jika field top sama dengan size -1.
Contoh :
>top==size-1)
Cout<<”STACK penuh”;
G.    Operasi Push
Operasi ini berguna untuk menambahkan suatu elemen data baru pada stack dan disimpan pada posisi top yang akan mengakibatkan posisi akan berubah.
Langkah operasi :
a.         Periksa apakah stack penuh. Jika tidak penuh maka proses push diaksanakan dan jika stack penuh, maka proses push digagalkan.
b.         Proses push-nya sendiri adalah dengan menambahkan field top dengan 1, kemudian elemen pada posisi top diisi dengan elemen data baru.
Contoh :
If ( p->top==size-1)
Cout<<”STACK penuh”;
Else
p->elemen [++p->top]=value;
H.    Operasi Pop
Operasi ini digunakan untuk mengambil elemen terakhir (top) dan kemudian menghapus elemen tersebut posisi top akan berpindah. Langkah operasi pop pada stack yang menggunakan array adalah terlebih dahulu memeriksa apakah satack sedang keadaan kosong, jika tidak kososng maka data diambil pada posisi yang ditunjukan oleh posisi top, kemudian posisi top -1.
Contoh :
If (p->top==-1)
{
Cout<<”STACK kosong”:
Return -1:
}
Else
Return p->elemen  [p->top--]




Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...