Selasa, 08 Januari 2019

Konsep Teknologi Dan Informasi

ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
A.      Pengertian Elemen Dasar Sistem Komputer
1.      Sistem berasal dari bahasa Latin 
(systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
2.      Komputer adalah Alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
3.      Sistem Komputer
adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).

B.   ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
1.      Brainware (User)
Brainware atau bisa kita sebut perangkat otak adalah manusia atau pengguna komputer itu sendiri. Brainware disebut sebagai user.  Maka dari itu, brainware secara sederhana bisa kita sebut sebagai pengguna komputer tersebut. Keberadaan brainware menjadi sangat penting karena tentu saja komputer tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dioprasikan oleh pengguna.
2.      Hardware (Perangkat Keras)
Hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang memiliki wujud fisik.
Hardware pada sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:
1.      Processing Unit (CPU)
Processing Unit atau CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan mengontrol semua perangkat internal ataupun eksternal yang terhubung pada komputer. Jadi bisa dikatakan perangkat ini merupakan otak dari komputer. CPU akan melakukan komunikasi dengan komponen input, output dan storage untuk melaksanakan data atau perintah yang di masukkan.
2.      Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contohnya adalah
1.      Keyboard
2.      Pointing Device
3.      Mouse
4.      Touch screen
5.      Digitizer Grapich Tablet
6.      Scanner
7.      Microphone
3.      Output Unit
Output Device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan di sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), gambar, suara atau berupa video. Contohnya antara lain adalah :
1. Monitor
2. Printer
3. Speaker
4.      Strorage Unit
Instruksi yang telah dimasukkan pada sistem komputer melalui input unit selanjutnya akan simpan di unit storage sebelum benar-benar mengalami pemrosesan. Begitu juga dengan hasil dari data yang telah selesai diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada Storage Unit sebelum dipindahkan pada Output Unit. Storage Unit terbagi menjadi dua yaitu:
1.     Internal Storage
Terdiri dari RAM  dan ROM                                                 
2.      External Storage
Terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.
3.    Software (Perangkat Lunak)
       Software sendiri juga dikenal sebagai perangkat lunak. Disebut perangkat lunak karena tidak seperti hardware, software tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan software adalah perangkat yang berisi perintah atau intruksi yang bisa dipahami komputer.
Software dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis kategori, misalnya seperti:
1.      Operating System (Sistem Operasi)
Sistem Operasi komputer merupakan program dasar komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Bisa juga dikatakan sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kontrol perangkat keras yang memungkinkan terjadinya interaksi antara perangkat keras dengan jenis software yang lain. Contoh sistem operasi komputer misalnya:
1.  Microsoft Windows
2.  Linux
3.  Mac OS
2.      Program Aplikasi (Aplication Program)
Program aplikasi adalah kategori software yang dipakai untuk membantu pekerjaan pengguna komputer untuk mengolah berbagai macam data. Perangkat lunak umumnya dinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer tersebut. Contoh adalah
1.   Microsoft Excel
2.   Microsoft Word
3.   Microsoft Access
4.   Photo Shop
5.   Web browser
6.   Game
3.      Utility Program (Program Tambahan )
Utility Program atau software adalah software yang mempunyai fungsi untuk menjaga dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhadapan langsung dengan hardware. Contohnya antara lain:
1.      Data recovery
2.      Disk Defragmenter
3.      Sceensever
4.      Backup
5.      anti-virus
4.      Language Program (Bahasa Pemerograman )
Language Program adalah bahasa yang dipakai oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, bisa juga dikatakan sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain PHP, Java, Python.

link vidio

https://www.youtube.com/watch?v=0ZxPPh9tyJg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...