Sabtu, 17 November 2018

Konsep Teknologi Dan Informasi


PENGENALAN 
INTERNET
A.    Pengertian Internet
Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
B.     Jenis-jenis Internet
1.      Internetnational Networking
Internetnational Networking merupakan dua komputer atau  lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan sehingga meliputi jutaan computer di dunia (internasioona) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
2.      Interconnected Networking
Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
C.    Sejarah Internet
     Internet dibangun untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat(US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
     ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California,Santa Barbara, University of Utah, mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
     Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan namaDARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
D.    Perkembangan Internet
1.    1969 : hanya 4 komputer
2.    1971 : meningkat menjadi 23 komputer
3.    1977 : 111 komputer
4.    1980 : 213 komputer
5.    1982 : > 1.000 komputer
6.    1987 : > 10.000 komputer
7.    1992 : > 1.000.000 komputer
8.    2010 : > 100.000.000 komputer dengan 1,9 Miliar pengguna (28% dari penduduk dunia). Sekitar 25 juta-nya adalah dari penduduk Indonesia.
E.     Dampak positif Internet
a.       Sebagai media komunikasi
b.      Media pertukaran data
c.       Media untuk mencari informasi
d.      Mempermudah mencari informasi
e.       Lahan informasi berbagai bidang
f.       Sumber Penghasilan (Bisnis Online)
g.      Kemudahan berbisnis
h.      Efisien tenaga, waktu, uang, jarak.
F.     Dampak Negatif Dari Internet
a.       Mudah mengakses pornografi
b.      Banyak ditampilkan sadism
c.       Cyber crime
d.      Hacker
e.       Perjudian online
f.       Penipuan
g.      Kecanduan
h.      Penipuan

G.    Cara Mengakses Internet
1.      Dial-Up
Pada metode ini, kita mengakses internet dengan menggunakan panggilan pada jalur telepon. Jalur telepon digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet.  Jika  menggunakan koneksi Dial-Up, telepon tidak biasa digunakan untuk menghubungi telepon lain.
2.      Leased Line
Leased Line adalah jalur telepon yang dikhususkan untuk jalur internet. Leased line berbeda dengan Dial-Up, karena kita tidak perlu memanggil nomor telepon ketika ingin terhubung dengan internet. Selain itu, kita juga tidak perlu melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan.
Kecepatan akses internet dengan cara leased line dapat diatur mulai dari 32 kbps, 64 kbps, 128 kbps dan seterusnya. Namun, semakin beasr kecepatan akses,semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.Leased line basa digunakan untuk kebutuhan internet secara  terus-menerus. Jaringan ini biasa disebut juga private line.
3.      Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Gelombang yang umum digunakan di Indonesia terdapat pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz. Metode ini mampu menyediakan akses internet dengan kecepatan 11-54 Mbps. Metode ini biasa digunakan di tempat yang susah dipasangi kabel dengan menggunakan alat pemancar.  ini berguna untuk menerima gelombang data jaringan internet. Cuaca sangat berpengaruh pada keefektifitasan metode ini. Contoh, jika cuaca cerah koneksi lancar, jika sedang hujan koneksi buruk.
4.      Telepon seluler
HP jenis Global System for Mobile Communications(GSM) untuk mengakses internet.Terlebih dahulu kita harus mengaktifkan  General Packet Radio Service (GPRS) kartu seluler kita.Setelah itu,kita dapat mengakses internet melalui perangkat lunak di HP.

Sebagai modem, HP berfungsi untuk memancarkan sinyal.Sinyal tersebut akan diterima perangkat gateway yang dimiliki ISP. Perangkat gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.
H.    Fasilitas Di internet
1.      WWW (World Wide Web) / Browser
2.      Email (Surat elektronik)
3.      FTP (File Transfer Protokol)
4.      Chatting
5.      Newsgroup
6.      Telnet (Remote Login)
7.      IRC (Internet Relay Chat)
I.       Organisasi Internet
1.      Internet Service Provider (ISP)
2.      Internet Corporation For Assigned Names And Numbers (ICANN)
3.      Internet Engineering Task Force (IETF)
4.      Internet Society (ISOC)
5.      Internet Architecture Board (IAB)
6.      International Telecommunication Union (ITU)
7.      World Wide Web Consortium (W3C)
J.      Istilah Di Internet
1.      Newbe 
2.      Master
3.      Hacker
4.      Cracker
5.      Developer
6.      Advertiser
7.      Author
8.      Netter
9.      Facebooker
10.  Camfroger
11.  Frauder

link Vidio

https://www.youtube.com/watch?v=maF7Az0KaDI&list=UUYFFUULHTTk7JA4m9rFD13Q&index=9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...