STRUCT
1. Pengertian
Struct
Struct
merupakan kumpulan variable-variable yang
bertempat di suatu tempat yang sama, tetapi variable-variable yang
berbeda tipenya yang tersimpan dalam satu nama structure. Berbeda-beda
tipe data seperti char, int, float,
dll.
2. Penjelasan
Object.
Struct adalah deklarasi untuk membuat sebuah tipe data baru yang
didirikan oleh programmer sebagai data structure. Data structure tersebut akan
digunakan sebagai pembuatan object, pembuatan object itu dapat dilakukan
didalam deklarasi struct atau diluar deklarasi struct. Pembuaan object sendiri
sama seperti pembuatan variabel seperti biasanya, yang berbeda hanya kita
menggunakan tipe structure sebagai tipe datanya.
3. Cara
Mengakses Member Dari Struct
Member adalah variabel yang didirikan di dalam struct, dijadikan
sebagai satu bagian dari struct. Kita dapat mengakses member dari struct
sebelum mendirikan object menggunakan data struct, karena struct hanya
rancangan dari tipe data struct. Setelah
mengakases member struct dari object kita membutuhkan Member Access Operator diantara nama object nama anggota variable struct.
4.
Cara Inisialisasi object
Inisialisasi adalah suatu
tindakan untuk memberikan nilai awal pada suatu variabel. Pada object untuk memberikan nilai
awal dengan beberapa cara yaitu, non-static
member initialization, initializer list, dan uniform initialization.
1.
Non-static Member
Non-static Member adalah suatu tindakan
memberikan nilai awal member structure kepada object dengan cara memberikan
nilai di saat mendirikan member dari struct. Nilai inisialisasi akan berlaku ke
semua object yang menggunakan tipe structure tersebut.
2.
Initializer List
Initializer List adalah adalah cara inisialisasi dengan memberikan nilai
awal disaat mendirikan object, nilai
tersebut hanya akan berlaku pada object
itu sendiri.
3.
Uniform Initialization
Uniform Initialization adalah merupakan
inisialisasi yang masih sama seperti initializer list, hanya saja
tidak menggunakan tanda
= .
5. Besar Memori Dari
Struct
Deklarasi struct sama sekali tidak memakan memori, struct bisa dikatakan
hanyalah sebuah rancangan, yang memakan memori adalah Object yang didirikan menggunakan data
structure sebagai tipe datanya. Jumlah memori dari object akan memiliki besar dari total besar memori member yang ada
pada struct tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar