ASITEKTUR
KOMPUTER
A.
Pengertian
Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer adalah sebuah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Dengan pengertian lain Arsitektur Komputer yaitu suatu ilmu dan seni tentang
tata cara interkoneksi diantara berbagai jenis komponen perangkat keras atau
hardware supaya dapat melahirkan suatu komputer melengkapi keperluan
fungsional, kinerja dan juga target keuangannya.
Dalam hal bidang teknik komputer,
arsitektur komputer memiliki arti suatu ilmu yang bertujuan untuk merancang
sebuah sistem komputer. Arsitektur von Neumann atau mesin von Neumann adalah
arsitektur yang dibuat oleh John Von Neumann “1903-1957”, hampir semua komputer
saat ini memakai arsitektur von Neumann.
Di arsitektur ini digambarkan bahwa
komputer dengna empat bagian utama yaitu: unit artimatika dan logis (ALu), Unit
kontrol, memori, alat masukan dan hasil” yang disebut dengan I/O, selanjutnya
bagian-bagian tersebut terhubung oleh rangkaian kawat “bus”.
B.
Sub
kategori arsitektur komputer
Ada beberapa sub-kategori dalam
arsitektur komputer, diantaranya yaitu:
1.
Set
intruksi “ISA”
2.
Arsitektur
mikro dari ISA
3.
Sistem
desain dari semua komponen dalam perangkat keras “hardware” komputer ini.
C. Arsitektur
komputer adalah desain komputer
Adapun
arsitektur komputer adalah desain komputer yang mencakup:
1. Set intruksi
2. Komponen perangkat keras atau
hardware
3. Susunan sistem
D. Jenis-jenis
arsitektur komputer
Adapun
jenis-jenis arsitektur komputer adalah:
1.
Komputer
SISD
2.
Komputer
SIMD
3.
Komputer
MISD
4.
Komputer
MIMD
E. Klasifikasi
arsitektur komputer
1.
Mesin
Von Neuman
a.
Memiliki subsistem
hardware dasar yakni sebuah CPU, sebuah memori dan juga sebuah I/O sistem
b.
stored-program computer
c.
Mengoperasikan
instruksi dengan cara berurutan
d.
Memiliki jalur (path)
bus antara memori dan CPU
2.
Menurut
Flyyn di tahun 1966, mengklasifikasi arsitekur komputer dari sifatnya adalah:
a.
Jumlah
prosesor
b.
Jumlah
program yang bisa dioperasikan
c.
Struktru
memori
F. Faktor
yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer:
Terdapat
beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, antara
lain:
Manfaat Arsitektur:
1. Aplicability
2. Meability
3. Expandibility
4. Compatible
1. Kinerja Sistem
Yang
dimaksud suatu pengukur kinerja sistem adanya serangkaian program standar yang
dijalankan dan juga bisa disebut dengan Benchmark di komputer yang akan di uji
ukuran kinerja CPU.
1.
Million Instruction PerSecond (MIPS)
2.
Million Floating Point PerSecond (MFLOP)
3.
VAX Unit of Performance (VUP)
2.
Ukuran Kinerja I/O Sistem:
1.
Sistem
operasi bandwith
2.
Operasi
I/O perdetik
3.
Ukuran Kinerja Memori:
4.
Memori
Bandwith
5.
Waktu
Akses Memori
6.
Ukuran
Memori
4. Biaya
Sistem
Terdapat biaya sistem yaitu biaya
yang dapat diukur dalam banyak cara, yakni:
1. Reabilitas
2. Mudah diperbaiki
3. Penggunaan daya
4. Berat
5. Kekebalan Interface sistem software
G. Bagian
pokok arsitektur komputer
Ada
dua bagian pokok pada arsitektur komputer, yakni:
1. Instructure Set Arhitecture adalah
spesifikasi yang menjadi penentu bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi
terhadap komputer
2. Hardware System Architecture adalah
subsistem perangkat keras dasar yaitu: CPU, memori dan OS.
H. Cara-cara
membuat transfomasi di arsitektur komputer
Ada
beberapa cara membuat transformasi di arsitektur yakni:
1. Merancang array prosesor
2. Mengaplikasikan proses pipelining
3. Membuat komputer dengan
multiprosesor
4. Membuat komputer dengan arsitektur
yang lain.
I. Atribut
yang dipakai untuk mengukur kualitas dari atribut komputer
Terdapat
atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas dari arsitektur komputer adalah:
1.
Generalitas
2. Applicability
atau daya serap
3. Efisiensi
4. Mudahnya dalam pemakaian
5. Maleability
atau daya tempa
6. Expandibility atau daya kembang
link vidiohttps://www.youtube.com/watch?v=y_afTlQmlEo&list=UUYFFUULHTTk7JA4m9rFD13Q&index=12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar