Minggu, 06 Oktober 2019

BAB 6

MULTIPLE RELATION


6.1 DDL untuk Multiple Relations

Perhatikan pada Gambar 6.1, entitas gudang dan entitas gudang_pengarang memiliki atribut foreign key (FK) di dalamnya. Sedangkan entitas lainnya, suplier dan pengarang tidak memiliki FK. Anda bisa membuat tabel suplier dan pengarang terlebih dahulu.


Selanjutnya dibangunlah tabel-tabel yang terdapat foreign key di dalamnya. Pertama akan dibangun tabel gudang. Di dalam tabel tersebut terdapat foreign key idsuplier yang mana referensinya adalah idsuplier pada tabel suplier. Berikut query yang digunakan:

CONSTRAINT berarti menambahkan batasan berupa Foreign Key yang pada Gambar 6.4 diberikan nama foreign key nya. Nama foreign key haruslah unique, sehingga jika ada pemakaian dua foreign key atau lebih, maka berikanlah nama yang berbeda. Setelah CONSTRAINT diberikan kemudian diikuti dengan FOREIGN KEY yang menunjukkan atribut mana pada tabel tersebut yang.,,,,,L
menjadi FK. REFERENCES adalah merujuk pada Primary Key atau atribut yang menjadi referensi dari FK yang dibuat, dengan format REFERENCES nama_tabel(nama_atribut_referensi). ON UPDATE CASCADE berarti jika nilai atribut referensi berubah (diupdate), maka perubahan tersebut terjadi pula pada semua atribut FK nya. ON DELETE CASCADE berarti jika data dengan nilai atribut referensi dihapus, maka demikian pula dengan data yang memiliki atribut FK nya. Selain CASCADE, dapat juga menggunakan RESTRICT dan SET NULL. 

6.2 DML untuk Multiple Relation

Untuk menginputkan data pada tabel yang memiliki atribut Foreign Key, harus dipastikan terlebih dahulu apakah pada tabel masternya sudah terisi atau belum. Dipastikan juga apakah nilai FK yang akan dimasukkan sudah ada pada tabel master atau belum.
Seperti terlihat pada gambar di atas, akan keluar pesan kesalahan akibat nilai idsuplier yang dimasukkan pada tabel gudang tidak ada pada tabel suplier (tabel master).  Lain halnya jika Anda menginputkan nilai NULL untuk suplier, walaupun pada tabel suplier belum memiliki data, tidak menjadi masalah.

Langkah yang tepat adalah dengan mengisikan terlebih dahulu tabel masternya. Di sini akan dinputkan data-data untuk tabel suplier: nilai referensi (Primary Key)

 6.3 SELECT dengan Klausa Where 

Menampilkan atribut nama_gudang, stok, tahun pada table supplier dengan klausa WHERE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...