Minggu, 06 Oktober 2019

BAB 8

JOIN



8.1 Natural Join

Jika diperhatikan, penulisan query menggunakan SELECT untuk menampilkan data yang berrelasi menggunakan klausa WHERE memerlukan banyak energi. Query yang dituliskan panjang sehingga kemungkinan kesalahan dalam penulisan query pun semakin besar. Sebagai contoh perhatikan query berikut yang menggunakan klausa WHERE: 
Sedangkan untuk tabel lainnya hanya akan dicontohkan pembuatan tabel kelola_karyawan saja. Silakan tabel lainnya juga dibuat dengan cara yang sama. 


Kemudian isikan tabel konsumen dan tabel kelola_karyawan yang telah dibuat tadi dengan data sebagai berikut (tabel lainnya silakan diisi sendiri): 


8.2 Left Join dan Right Join 

Left Join akan menampilkan semua record dari tabel sebelah kiri, dan record dari tabel sebelah kanan yang cocok. Hasilnya akan NULL untuk bagian kanan jika tidak ada kecocokan. Misal diminta untuk ditampilkan tabel kelola_karyawan yang menampilkan juga no HP konsumen yang mencatat. Query yang tepat jika menggunakan left join adalah sebagai berikut:


Right join adalah join yang serupa dengan left join, hanya saja posisi tabel yang kanan akan ditampilkan semua record nya. Sedangkan tabel yang kiri hanya record yang bersesuaian saja.

8.3 Inner Join 

 Versi aman dari left join maupun right join adalah inner join. Inner join tidak mementingkan posisi tabel pada query dan fungsinya sama dengan klausa where. Misalkan diperlukan tampilan dari pengelolaan pengarang, dimana menampilkan nama konsumen dan nama karyawan yang dikelola, query nya adalah sebagai berikut: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...