Minggu, 06 Oktober 2019

BAB 1

Pendahahuluan

Menginsatall Xampp



Langkah pertama memilih lokasi program akan diinstall, secara default XAMPP akan di install pada folder C:/xampp.

Selanjutnya akan ditampilkan pilihan-pilihan fasilitas yang ada, disini terdapat pilihan untuk mengaktifkan Apache, MySql dan Filezilla sebagai service.


Tunggu prosesnya sampai selesai.


Langkah selanjunya selesai melakukan installasi pada komputer akan muncul sebuah pesan yang memberitahukan proses berhasil dilakukan


Kemudian memilih bahasa yang ingin digunakan saat proses installasi, setelah selesai memilih bahasa yag akan digunakan tekan tombol next.

Selanjutnya XAMPP akan langsung mencoba menjalankan hasil installasi.


Data Languages (DDL Dan DML)

DDL merupakan kependekan dari Data Definition Language mempunyai fungsi utama untuk mendefinisikan data dalam database secara logika. DDL digunakan diantaranya untuk mendefiniskan karakteristik dari record (meliputi nama, tipe dan lebar dari field), untuk menentukan kunci field, menyediakan cara untuk menentukan hubungan dengan data di field lain, mengubah struktur dari record, menapilkan struktur dari record, dan lain-lain. DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus database dan objek-objek yang diperlukan dalam database, misalnya tabel. DML (Data Manipulation Language) merupakan perintah-perintah yang memungkinkan pengguna melakukan akses dan manipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat. DML digunakan untuk memanipulasi database yang telah didefinisikan dengan DDL.
Pilih menu Databases yang terletak di pojok kiri atas, sehingga GUI memiliki tampilan sebagai berikut: 


Selanjutnya pada kolom Create database, isikan nama database yang ingin kita buat, yaitu perpustakaan. Lalu klik tombol Create.

Membuat tabel baru

Misalkan kita akan membuat tabel baru. Tabel baru tersebut adalah table karyawan yang memiliki 4 atribut, yaitu NIP, nama, alamat dan no_telp. Maka berdasarkan gambar sebelumnya
kita isikan gudang pada kolom Name, lalu pada Number of columns kita isikan 4. Kemudian klik tombol Go. 

Menampilkan struktur table

Untuk menampilkan struktur tabel, cukup klik saja menu structure dari tabel yang ingin ditampilkan strukturnya. Misal pada Gambar 1.15, terlihat bahwa tabel yang ada adalah tabel gudang, dimana di sebelah kanannya terdapat menu browse, structure, dan lain-lain. Maka dengan mengklik tabel structure, struktur tabel gudang akan ditampilkan. 

Merubah struktur table

Perubahan struktur tabel juga dapat dilakukan dengan mudah di localhost/phpmyadmin. Misal kita diharuskan menambah atribut suplier dan pengarang dalam tabel gudang. Langkah yang dilakukan adalah dengan mengisikan 2 pada kolom Add, yaitu bagian yang dilingkari merah pada gambar berikut.Selanjutnya dengan mengklik tombol Go, kita akan diarahkan ke halaman berikut: 
menambahkan data baru

Menambah Data Baru

Untuk menambahkan data baru, klik menu Insert. Menu Insert terletak di atas  tampilan, yang pada gambar berikut ditandai dengan lingkaran merah.

Mengedit data

Selain dapat memasukkan data baru, localhost/phpmyadmin juga menyediakan fitur mengedit data dengan mudah. Akan tetapi sebelum dapat melakukan proses pengeditan, tabel harus memiliki primary key (PK) terlebih dahulu. Misalkan pada tabel gudang, atribut judul akan dijadikan PK. Caranya adalah pilih menu Structure pada tabel gudang tersebut, kemudian pada atribut judul pilih menu Primary seperti pada gambar berikut:
Untuk melakukan pengeditan suatu data, cukup mengklik menu Edit yang terletak di sebelah kiri dari suatu data pada tabel karyawan. Setelah diklim menu Edit tersebut, akan tampil halaman seperti pada gambar berikut:


Cukup ubah saja data yang ingin diubah, lalu kemudian klik Go. Maka data telah terubah. 

Menghapus data

Setiap data selain memiliki menu Edit di sebelah kirinya, juga memiliki menu Delete. Menu Delete ini digunakan untuk menghapus suatu data dari suatu tabel. Misalkan kita ingin menghapus gudang yang berjudul “Topeng Kehidupan”, langkah untuk menghapusnya adalah dengan mengklik menu Delete seperti pada gambar berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...