Selasa, 08 Januari 2019

Konsep Teknologi Dan Informasi

PENDAHULUAN


A.    Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas. Istilah secara umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Adapun pengertian menurut para ahli:
1.      Haag dan Keen (1996): 
Menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.      Oxford English Dictonary (OED):
      Menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
3.      Williams dan Sawyer (2003):
      Menurut Williams dan Sawyer, bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
4.      Martin (1999): 
      Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

B.     Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi
1.      Era Pra-Mekanis
Era pre-mekanis adalah era dimana manusia pertama kali mulai berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi atau gambar di dinding goa. Selain ditemukannya sistem huruf atau alfabet dan sistem angka,  beberapa teknologi lain yang ditemukan pada era ini adalah kertas, pena, buku, dan kalkulator. Sejarah perkembangan teknologi informasi pada era pra-mekanis berlangsung antara tahun 3000 SM hingga 1450 M.
Pada tahun 3000 SM, Bangsa Sumeria di Mesopotamia telah mengembangkan tulisan pertama. Sebelum tulisan ditemukan, bangsa Sumeria berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mereka catat dengan menggunakan gambar sederhana.
Mereka menulis di atas lempengan tanah liat dan kemudian mengembangkan naskah yang kita kenal sebagai runcing atau berbentuk baji.
2.      Era Mekanis
Era mekanis adalah era dimana pertama kali mulai melihat kaitan antara teknologi yang kita gunakan pada era kini dan era lalu. Era mekanis pada perkembangan teknologi informasi berlangsung antara tahun 1450 hingga 1840. Era mekanis adalah era dimana ledakan informasi terjadi untuk pertama kalinya. Hal ini ditandai dengan  ditemukannya mesin cetak oleh Johann Gutenberg dan perkembangan buku. Berbagai teknologi baru lain yang juga dikembangkan pada era mekanis adalah komputer. Selain itu, teknologi lainnya yang juga ditemukan pada era mekanis adalah Pascaline yaitu komputer mekanis yang sangat terkenal yang ditemukan oleh Blaise Pascal. Selain berbagai temuan-temuan teknologi baru, berbagai mesin yang berbeda pun diciptakan pada era mekanis misalnya kalkulator.
3.      Era Elektromekanis
Era elektromekanis merupakan era dimulainya telekomunikasi yang kita kenal sekarang. Telekomunikasi adalah alat dan teknik yang digunakan untuk transmisi informasi jarak jauh melalui kabel atau radio atau satelit tanpa merusak atau hilang karena gangguan.
Era elektromekanis sendiri berlangsung selama satu abad yaitu antara tahun 1840 hingga 1940. Beberapa teknologi revolusioner ditemukan pada era elektromekanis seperti batere volta pada akhir abad 18, telegraf di tahun 1800an, kode Morse diciptakan di tahun 1835 oleh Samuel Morse, telepon di tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell, radio diciptakan oleh Guglielmo Marconi di tahun 1894, dan lain-lain. Teknologi lain yang ditemukan pada era elektromekanis adalah komputer digital.
4.      Era elektronik
Era elektronik adalah era yang kita jalani saat ini. Era elektronik berlangsung sejak tahun 1940 hingga kini. Beberapa temuan penting pada era elektronik adalah komputer berkecepatan tinggi pertama yang menggunakan tabung hampa yang bernama ENIAC, program penyimpanan komputer pertama, komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC, dan berbagai evolusi teknologi komputer, teknologi komunikasi satelit, dan sistem komunikasi serat optik.ENIAC atau  Electronic Numerical Integrator Computer adalah komputer digital pertama berkecepatan tinggi yang diprogram ulang untuk mengatasi luasnya permasalahan komputer.
Perkembagan teknologi informasi dibagi menjadi beberapa:
1.      Generasi pertama (1945-1956)
Komputer generasi pertama dikembangkan di akhir tahun 1940an. Pada generasi pertama, komputer menggunakan tabung hampa dan berukuran sangat besar. Pada generasi ini digunakan rotating magnetic drum sebagai ruang penyimpanan internal.
2.      Generasi kedua (1956-1963)
Pada komputer generasi kedua, diciptakan berbagai alat padat berupa transistor, pita magnetik, serta inti magnetik sebagai ruang penyimpanan internal dan lain-lain oleh William Shockley dkk.  Alat-alat ini ditempatkan dalam tabung hampa yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan mengurangi yang lainnya.
Komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dari komputer generasi pertama dan lebih murah secara produksi. Pada generasi ini diciptakan juga bahasa pemograman FORTRAN dan COBOL.
3.      Generasi ketiga (1964-1971)
Komputer generasi ketiga digunakan pita magnetik, dan semikonduktor oksida logam. Pada generasi ketiga, komputer memiliki alat penyimpanan dan alat untuk keluar masuk seperti terminal visual display, tinta pembaca magnetik dan alat cetak berkecepatan tinggi, dan chip IC yang dapat meningkatkan kecepatan komputer.
Sistem operasi yang sebenarnya muncul sekitar saat ini bersamaan dengan bahasa pemograman BASIC yang canggih.  Komputer generasi ketiga berukuran lebih kecil dan lebih murah.
4.      Generasi keempat (1971-sekarang)
Pada komputer generasi keempat, digunakan CPU atau central processing unit yang berisi sirkuit memori, logika, dan kontrol semua pada satu chip tunggal. Pada tahun 1971, perusahaan terkemuka Amerika Serikat INTEL mengembangkan chip sirkuit terintegrasi yang disebut dengan prosesor mikro. Tahun 1976, Steve Wozniak mengembangkan serangkaian komputer mikro yang dinamakan The Allple Series dan merupakan komputer yang paling modern.
5.      Generasi kelima (Sekarang- …..)
Komputer generasi kelima adalah komputer yang tidak hanya memiliki kapabilitas terbaru seperti kecepatan, akurasi, penyimpanan, kemampuan berpikir dan membuat keputusan. Komputer generasi kelima disebut juga dengan Artificial Intelligence. Kombinasi teknologi komputer dan laser melahirkan sebuah cakram informasi dalam bentuk miniatur. Sebuah cakram optik berbentuk tipis dan bundar dan dapat menyimpan informasi serta data yang ditulis dan dibaca melalui penggunaan sinar laser. Berbagai bentuk teknologi penyimpanan informasi adalah CD, CD ROM, dan DVD
Era elektronik telah melahirkan era baru yaitu era informasi. Era informasi ditandai dengan perpindahan industri tradisional ke industri ekonomi berdasarkan digitalisasi informasi. Era informasi seringkali diasosiasikan dengan revolusi digital sebagaimana revolusi industri terkait dengan era industri. Memiilik sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan alat komunikasi berdasarkan teori media baru atau teori new media, maka Internet merupakan teknologi informasi dan komunikasi paling canggih yang ditemukan oleh manusia. Konsep tentang  internet dimulai pada awal tahun 1960an, namun Internet sendiri ditemukan bersamaan dengan penemuan World Wide Web di tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee dan dikenalkan ke seluruh dunia pada tahun 1991. Internet kemudian menjadi sebuah jaringan yang sangat mudah diakses.

C.    Perbedaan Data Dan Informasi
1.      Data adalah fakta-fakta mentah termasuk kumpulan angka dan huruf serta kumpulan kata yang belum mengandung arti.
2.      Informasi adalah hasil pengolahan atau analisis data yang dikonsumsi oleh orang lain.

D.    Kegunaan informasi
1.      Sebagai alat komunikasi melalui sinyal asap (asap, lampu), kode ( morse, gerak tubuh).
2.      Dasar mengambilan keputusan
3.      Penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akurat. Kunci keberhasilan perusahaan adalah penciptaan dan penguasaan informasi secaracepat dan akurat. Untuk menciptakan dan penguasaan informasi secara cepat danakurat, maka dibutuhkan lah system informasi.
4.      Meningkatkan hasil kreasi terhadap yang dihasilkan dengan adanya system informasi, maka akan menghasilkan strategi baru bagi organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan hasil kreasi agar tidak kalah saing dengan organisasi/perusahaan lain.
5.      Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. Agar tujuan dari perusahaan/organisasi sesuai dengan yang diharapkan, maka disini system informasi berfungsi untuk sebagai sarana dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
6.    Memudahkan pengelolaan data mentah untuk menjadi informasi. Kemampuan manusia untuk mengelola data mentah tidak sama antara satu sama lain. Untuk itu dibutuhkanlah keseragaman dengan menggunakan system informasi yangakan memudahkan pengguna dalam mengelola data mentah.

E.      Memperoleh Informasi
1.      Pustaka (ilmiah, semi-ilmiah, populer)
2.      Media Massa( Cetak (Koran, majalah, tabloid), radio, televise)
3.      Lisan (Wawancara, telepon, telegram)
4.      Tulisan (surat,fax)
5.      Manual (pensil aau pena +kertas)
6.      Mesin Mekanis (mesin Tik)
7.      Alat Komunikasi(Hp, radio, laptop, televise)

F.  Informasi yang berguna apabila
1.      Informasinya kuat
2.      Lengkap
3.      Fleksibel
4.      Dapat dipercaya atau sumber yang dapat dipercaya

link Vidio
https://www.youtube.com/watch?v=-aGSTszQqYo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...