Selasa, 08 Januari 2019

Konsep Teknologi Dan Informasi

Jenis - Jenis Komputer


A.    Konsep Komputer
Komputer merupakan elektronika yang dapat menerima dan mengelola data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer berasal dari bahas Latin yaitu “computer” yang mengandung arti menghitung.
B.     Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelola data menurut prosedur yang telah dirumuskan dan menghasilkan yang bermanfaat bagi manusia.
Pengertian menurut pakar dan peneliti:
1.      Menurut Hamacher
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian diproses sesuai dengan program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output dalam informasi.
2.      Menurut Blissmer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
a.       Menerima inputan
b.      Memproses inputan tadi sesuai dengan programnya
c.       Menyimpan perintah-perintah  dan hasil dari  pengolahan
d.      Menyediakan output dalam bentuk informasi
3.      Menurut Fuori
Komputer adalah suatu pemprosesan data  yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika an operasi logika tanpa campur tangan dari manusia.
4.      Menurut Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi logika.
5.      Menurut Williams,Sawyer
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogam, yang menerima data( fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan proses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

C.    Struktur pengolahan data komputer

1.      Input
Proses memasukkan data atau perintah. Perangkat input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data.
Contoh : keyboard dan mouse
2.      Proses atau CPU (prosesor)
Pengelola data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang di perlukan pengguna. Unit pemrosesan ini dinamakan CUPU(Central Prossersing Unit). CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memorui atau yang dimasukkan melalui unit yang dimasukan melalui unit. Unit CPU terdiri:
a.       CU (Control Unit)
Berfungsi melakukan pengontroan pengendalian terhadap suatu pemprosesan yang dilakukan sebelum data tersebut di keluarkan atau output. Tugas dari CPU adalah mengatur dan mengendalikan alat input  dan output, mengambil intruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama menyimpan hasil proses ke memori utama.
b.      ALU ( Arithmatic Logical Unit)
Berfungsi untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk data dan logika seperti data matematika dan statistika, bertugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terdiri sesuai dengan intruksi program.
3.      Storage devices ( penyimpanan)
Penyimpanan terbagi menjadi internal dan external.
a.       Internal
Memori yang dapat langsung diakses:
1.      Register yaitu jenis memori yang dapat pada prosesor dan sebagai memori internal prossesor.
2.      Cache memory yaitu memori yang dapat meninggalkan kecepatan komputer yang dikatakan sebagai memori perantara. Memory  terbagi menjadi
a.       RAM (Random Access Memori)
Yaitu memori atau penyimpanan yang berbersifat sementara atau hanya menyimpan saat komputer hidup.
b.      ROM (Random Only Memory)
Yaitu penyimpanan yang bersifat permanen.
D.    Manfaat komputer
1.      Pada bidang pendidikan
a.       Tutor adalah sebagai alat bantu pengajar untuk menyampaikan materi atau pelajaran melalui pendekatan pengajar berbentuk komputer.
Contoh: power point, video.
b.      Tool adalah alat yang digunakan untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolaha data proses pembelajaran, seperti pengolahan data  nilai siswa, penjadwalan, beasiswa.
c.       Tutee adalah alat yang diajarkan dan bisa melakukan Tanya jawab atau analog dengan komputer yang biasa disebut dengan CIA ( Computer Assist Instruction).
Contoh: e-library, e-learning, teleconference
2.      Pada bidang industri
a.       CNC (Computer Numerical Control) pengawasan numeric atau perhitungan.
b.      CAM (Computer Aided Manufacture) à untuk merencanakan, mengatur, dan mengontrol kerja mesin.
c.       CAD (Computer Aided Design) à merancang bentuk (desain) produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
d.      Mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainya.
e.       Robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer.
3.      Bidang Teknik Dan Ilmu Pengetahuan
a.       Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer
b.      membuat model reaktor nuklir
c.       membuat model-model atom dan molekul
d.      mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya
e.       Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.

E.     Jenis-Jenis Komputer
1.      Komputer Portabel
Ini adalah jenis komputer yang mudah dibawa kemana saja, dimana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapanan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.
Gambar komputer potabel 
2.      Komputer Desktop
Sesuai dengan namanya, ini adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.
Gambar Komputer Deskop
3.      Komputer Palmtop
Ini adalah komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sudah sangat jarang digunakan sejak ditemukannya Smartphone.
Gambar Komputer Palmtop
4.      Komputer Tower
Ini adalah komputer yang bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer ini dapat ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.
Gambar Komputer Tower
5.      Komputer Notebook
Ini adalah jenis laptop namun dengan ukuran yang lebih tipis. Umumnya banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.
Gambar Komputer Notebook
6.      Handbook (Sub-notebook)
Ini adalah jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Umumnya handbook memiliki processor dengan spesifikasi yang rendah.
7.      Komputer Laptop
Ini adalah jenis komputer yang dapat diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.
Gambar Komputer Laptop 
8.      PDA
PDA (Personal Digital Assistant) adalah komputer yang terintegrasi yang lebih sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan data. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk input pengguna. PDA PDA biasanya lebih kecil dari sebuah novel standar, sangat ringan, dengan daya tahan baterai yang wajar.
Gambar Komputer PDA
9.      Server
Server adalah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar.
Gambar Komputer Server
10.  Mainframe
Pada awal-awal ditemukannya komputer, mainframe adalah komputer yang sangat besar yang bisa mengisi seluruh ruangan. Karena ukuran komputer telah berkurang sementara kekuatannya ditingkatkan, mainframe kini digunakan sebagai istilah, terutama di perusahaan besar, untuk menggambarkan mesin besar pengolahan jutaan transaksi setiap hari.
Gambar Komputer Maiframe
11.  Supercomputer
Jenis komputer ini biasanya berharga ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa supercomputer adalah satu sistem komputer, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Supercomputer paling terkenal adalah yang dibangun oleh Cray Supercomputers.
Gambar Komputer SuperComputer
12.  Wearable Computer
Wearable computer atau komputer yang bisa dikenakan pada dasarnya adalah aplikasi komputer umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) yang diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, visor dan bahkan pakaian.

Gambar Wearable Computer


link vidio
https://www.youtube.com/watch?v=TMvEcLmCXcY&t=9s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...