Rabu, 09 Januari 2019

Konsep Teknologi Dan Informasi

PERANGKAT INPUT DAN PERANGKAT OUTPUT


A.    Pengertian Perangkat Input Dan Output
Perangkat input adalah perangkat ‘masukkan’ untuk unit komputer yang cara kerjanya memberikan perintah secara langsung dengan menghasilkan informasi berbentuk digital kepada para pengguna. Ada berbagai macam perangkat keras berjenis input yang diciptakan untuk komputer.
Perangkat output adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer sudah diterjemahkan oleh teknologi komputer itu sendiri sehingga dapat dipahami penggunanya dengan mudah.
B.     Perangkat Input
Contoh perangkat inputan yang sering kita gunakan:
1.      Keyboard
Keyboard merupakan salah satu perangkat berjenis input yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks, seperti huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Keyboard menjadi perangkat yang penting pada komputer. Tanpa keyboard bisa dipastikan komputer tidak dapat bekerja dengan baik seperti semestinya. Dan sebagai perangkat input yang telah mengalami beberapa kali perkembangan, keyboard komputer memiliki berbagai varian port dari port serial, PS/2, USB, hingga wireless. Meskipun ada banyak jenis port keyboard, tetap saja keyboard tergolong sebagai perangkat input.
2.      Mouse

Mouse merupakan alat penunjuk (pointer) pada perangkat komputer, biasanya penunjuk ini dapat dilihat di monitor saat kita mengoperasikan komputer. Selain itu, mouse juga umumnya dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang gunanya sebagai pengganti tombol enter dan select pada keyboard.
3.      Joystick

Perangkat input Joystick yang merupakan perangkat keras komputer dan biasanya digunakan untuk mengoperasikan objek-  objek pada sebuah game. Joystick sendiri tidak berperan sebagai perangkat penting, namun hanya sebatas pelengkap saja.
4.      Scanner

Rangkat input yang didesain untuk menyalin text maupun gambar grafis dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk file.
5.      Trackball

        Trackball merupakan hardware yang berfungsi mensimulasikan pergerakan vertikal mouse.
6.      Light Pen

        Lightpen merupakan hardware yang dapat berguna untuk mendesain gambar dengan screen.
7.      Webcam

        Webcam merupakan hardware yang digunakan untuk konferensi video dari jarak jauh atau sebagi kamera pemantau.
8.      Microphone

        Microphone adalah hardware yang berfungsi memasukkan suara dengan cara merekamnya dan disimpan kedalam memori komputer.
9.      Bercode Reader

         Barcode reader adalah hardware yang berfungsi membaca kode barcode yang kemudian diterjemahkan agar dapat diproses pada CPU.
10.  Touchpad

        Touchpad merupakan hardware yang memiliki fungsi yang sama seperti mouse. Touchpad biasanya terdapat pada setiap laptop atau notebook. Cara kerjanya dengan melalui stimulasi sentuhan jari.
C.    Perangkat Output
Contoh perangkat output yang sering digunakan:
1.      Monitor
Monitor adalah perangkat keras berjenis output yang digunakan untuk menerjemahkan data digital sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Monitor adalah perangkat output yang sangat penting dari komputer, karena tanpa kehadirannya, pengguna tidak akan bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.
2.      Proyektor
Projector bekerja dengan mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Perangkat ini juga tergolong sebagai perangkat output
3.      Speaker
Speaker pun termasuk sebagai perangkat output yang fungsinya untuk menghasilkan suara dari komputer. Dan sama halnya dengan monitor, speaker juga berperan penting untuk menunjang kinerja komputer itu sendiri.
4.      Printer

Perangkat output printer yang juga termasuk sebagai perangkat keras berjenis output untuk mencetak file misalnya foto digital menjadi foto kertas. Ataupun dokumen menjadi tulisan yang tertuang di media kertas.
5.      Plotter
Plotter merupakan hardware yang memiliki fungsi yang sama seperti printer namun dapat mencetak ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Blog di Martikulasi MABA 2022

MARTIKULASI MABA 2022 Ini adalah pertama kali saya membuat blog, ini pengalaman yang sangat mengesankan untuk saya, karena saya bisa membu...